Thursday, July 29, 2010

Gado-Gado Indonesia Juara di Napoli, Italia

Penyerahan Penghargaan
 Napoli - Menu gado-gado komplit racikan jurumasak Indonesia Paula Astrid Unu dinobatkan sebagai Juara I kategori tampilan sajian pada Liotorale Flegreo Nel Mondo (Lomba Masak Internasional) 2010 di Napoli, Italia, Rabu (28/7/2010).

Untuk Juara I kategori rasa diraih jurumasak Italia Francesco Carannante dengan Gnocchi sebagai menu andalan. Sementara Juara I teknik pengeloaan makanan direbut jurumasak Bulgaria Andon Andonov dengan menyajikan kebab kambing.

Litorale Flegreo Nel Mondo yang tahun ini merupakan edisi ke-6 diikuti peserta dari Albania, Amerika Serikat, Belarusia, Brazil, Bulgaria, Cape Verde, India, Indonesia, Italia, Kroasia, Maroko, Meksiko, Mesir, dan Tunisia.

Penilaian kepiawaian di bidang gastronomi itu dilakukan dua kali yakni pertama pada sesi pagi oleh dewan juri dipimpin Ketua Asosiasi Jurumasak wilayah Campagnia, Italia, Gaetano Riccio.

"Aspek yang dinilai mencakup proses pembuatan makanan dari berbagai negara peserta mulai dari rasa, teknik dan tampilannya," tutur Konselor Pensosbud KBRI Roma Musurifun Lajawa kepada detikcom.

Adapun penilaian kedua dilakukan pada sesi malam oleh sedikitnya 300 tamu undangan, yang memberikan penilaian melalui voting sambil menikmati makanan eksotis dari berbagai negara peserta dalam suasana santai dan akrab.

Sebelumnya pada 13/7/2010 Indonesia melalui Dubes RI untuk Italia Mohamad Oemar juga telah memperoleh penghargaan Litorale Flegreo Nel Mondo 2010 untuk partisipan loyal. Penghargaan disampaikan pada resepsi yang dihadiri kalangan diplomatik, pejabat pemerintah dan dunia usaha di Napoli.

Indonesia telah berpartisipasi pada lomba masak internasional di Napoli ini selama lima tahun berturut-turut dengan catatan prestasi berhasil meraih Juara II dan Juara I pada 2008 dan 2009.

"Keikutsertaan para jurumasak Indonesia pada lomba masak ini mendapat dukungan KBRI Roma," demikian Musurifun.

(es/es)

0 comments:

Post a Comment